FANDOM

"The Camping Episode" adalah episode SpongeBob SquarePants dari musim tiga. Dalam episode ini, SpongeBob dan Patrick berkemah di halaman rumah SpongeBob.

Karakter

Plot

Pada suatu malam, Squidward sedang bersiap untuk tidur. Dia sedang senang karena SpongeBob dan Patrick malam ini berkemah dan harusnya tidak akan menganggunya untuk waktu yang lama. Baru saja bilang begitu, tawa SpongeBob terdengar. Squidward mendatangi tenda SpongeBob dan Patrick yang rupanya berkemah sepuluh kaki dari rumah SpongeBob. SpongeBob mengatakan kepada Squidward bahwa jarak dekat atau jauh namanya tetap berkemah, yang penting tidur di alam liar dan tidak di kasur yang empuk. Ketika Squidward pergi, SpongeBob mengucapkan "Selamat bersenang-senang di dalam rumah." Squidward menganggap kata-kata SpongeBob adalah ejekan kepada dirinya. Jadi dia memutuskan untuk berkemah bersama mereka untuk membuktikan bahwa dia mampu berkemah juga.

Squidward mulai dengan mendemonstrasikan tenda otomatisnya. Tapi tendanya tidak terpasang dan, setelah terbelit-belit ketika mencoba memasangnya secara manual, Squidward memutuskan untuk tidur di tikar. Berikutnya: makanan. SpongeBob dan Patrick membawa marshmellow yang mereka bagikan sambil berpura-pura menjadi astronot. Sedangkan Squidward membawa makanan kaleng dan ingin kembali ke rumah untuk mengambil pembuka kaleng. SpongeBob mengatakan bahwa itu tidak sesuai dengan jiwa camping, jadi Squidward ikut memanggang marshmellow bersama mereka.

Squidward lalu bertanya apa yang mereka lakukan untuk bersenang-senang. SpongeBob mengatakan bahwa ini waktunya untuk lagu api unggun yang tenang. Dia dan Patrick lalu menyanyikan "Campfire Song Song" yang berakhir dengan mereka membanting alat musik mereka. Squidward mengusulkan musik yang lebih tenang, yaitu lagu dari klarinetnya. SpongeBob langsung melempar marshmellow ke klarinet Squidward untuk menghentikannya, karena menurutnya bermain klarinet bisa menarik perhatian beruang laut.

Squidward menyangkal bahwa beruang laut itu ada, tapi SpongeBob dan Patrick terus mencoba meyakinkannya. Squidward lalu bertanya memangnya apa saja hal-hal yang bisa menarik perhatian beruang laut. SpongeBob dan Patrick lalu mendaftarkan semua barang, makanan, pakaian, dan tindakan yang bisa menarik perhatian beruang laut. Setelah mereka selesai mendaftarkannya, Squidward langsung memakai dan melakukan semua hal yang mereka sebutkan. SpongeBob dan Patrick khawatir beruang laut sebentar lagi akan datang, untungnya mereka tahu cara mengusir beruang laut, yaitu dengan membuat lingkaran di tanah sekeliling mereka.

Squidward mengejek SpongeBob dan Patrick yang masih percaya beruang laut itu ada. Di tengah-tengah mengejek, seekor beruang laut datang dan menyerang Squidward sampai babak belur. SpongeBob dan Patrick menyuruh Squidward segera masuk ke lingkaran anti beruang laut sebelum hewan itu kembali, tapi Squidward memilih melarikan diri. Namun, melarikan diri juga menarik perhatian beruang laut sehingga Squidward diserang lagi setiap kali mencoba kabur. Menggambar lingkarannya sendiri juga tidak bekerja karena yang Squidward gambar adalah oval. Akhirnya Squidward melompat ke lingkaran SpongeBob dan Patrick, dan beruang laut tersebut berhenti menyerangnya dan pergi.

Squidward bahagia karena akhirnya dia selamat. SpongeBob bersyukur karena mereka tidak diserang badak laut, karena lingkaran mereka tidak akan mempan melawannya. Episode berakhir dengan Squidward khawatir ketika melihat seekor badak laut datang.

Produksi

Musik

 ) Musik Produksi Asosiasi
 ) Musik original
 ) Musik SpongeBob

  Tom Fool - Van Phillips [Kartu judul.]
  Lonely Heart's Club (a) - David Bell, Otto Sieben [SpongeBob dan Patrick berkemah sepuluh kaki dari rumah SpongeBob.]
  Tomfoolery - David Snell [Squidward bergabung dengan mereka.]
  Andy Anorak - Chris Marshall [Memanggang marshmellow.]
  Campfire Song Song - Dan Povenmire, Jay Lender
  Kumbayah - Brad Carow [Squidward bermain klarinet.]
  Dramatic Cue (b) - Ronald Hanmer ["Oh, tidak! Squidward, jangan!"]
  House of Horror Parts 1 & 2 - W. Merrick Farran [SpongeBob memperingatkan Squidward tentang beruang laut (Part 1)/SpongeBob dan Patrick memberitahu Squidward apa-apa saja yang menarik beruang laut. (Part 2)]
  Co Co Baby (a) - Gil Flat [Squidward melakukan segala hal yang menarik beruang laut.]
  Dangerous A - Mladen Franko [Beruang laut muncul.]
  Dangerous C - Mladen Franko [Setiap kali beruang laut menyerang Squidward.]
  Dangerous A - Mladen Franko [Beruang laut menggeram ke Squidward]
  Hula Festival - George Elliott [Adegan penutup.]

Penerimaan

"Aku selalu tertawa meskipun aku tahu serangan beruang laut akan datang. Dan juga, SpongeBob menyanyikan 'The Campfire S.O.N.G Song' semakin cepat tidak dipercepat secara buatan. Orang-orang selalu menanyakan itu."

  • Dalam maraton Best Day Ever, ini adalah satu-satunya episode Top 10 yang tidak berasal dari musim empat.

Rilis

Trivia

Waktu
Kartu Waktu
Tidak ada
  • Dub Indonesia menerjemahkan "I met this guy who knew this guy who knew this guy... who knew this guy's cousin." ("Aku pernah bertemu seseorang yang kenal seseorang yang kenal seseorang... yang kenal sepupu seseorang"), menjadi "Aku pernah bertemu orang ini kemudian sepupunya sepupunya..."
  • Episode ini ditayangkan pada hari penayangan Kids' Choice Awards 2004.
  • Episode ini awalnya ingin dinamakan "Squid Gets Mauled," tapi kemudian diubah menjadi "The Camping Episode."[1][2][3][4]

Referensi

  1. ^ https://twitter.com/adampaloian/status/1053054553803739137
  2. ^ http://web.archive.org/web/20030411084738if_/http://spongebob.net:80/episodeguides.htm
  3. ^ https://www.sbmania.net/interviews.php?id=5
  4. ^ File:The Camping Episode calendar art.png