FANDOM

Untuk artikel tentang episode, lihat Plankton!.
Karakter

Sheldon J. Plankton (lahir 30 November 1942 [1]) adalah salah satu karakter utama dan karakter antagonis utama seri SpongeBob SquarePants. Dia diperkankan oleh Doug Lawrence dan pertama kali muncul pada episode musim pertama, "Plankton!".

Dia adalah musuh bebuyutan Tuan Krabs dan merupakan pemilik sebuah restoran tidak sukses yang bernama Chum Bucket, terletak tepat di seberang jalan dari Krusty Krab. Tujuan utamanya dalam kartun adalah untuk mencuri formula rahasia Krabby Patty dan menbuat Tuan Krabs berhenti berbisnis. Plankton baru berhasil mencuri resep di dalam film The SpongeBob SquarePants Movie, tapi tujuannya untuk menguasai dunia digagalkan oleh SpongeBob. Dalam episode "Friends or Foe," terungkap bahwa Tuan Krabs dan Plankton dulunya adalah teman terbaik, tetapi sengketa resep Krabby Patty mengakhiri persahabatan mereka.

Biografi

Sheldon J. Plankton lahir hanya dikenal anak Papa dan Mama Plankton. Ia lahir pada tanggal 30 November 1942. Ini juga merupakan tanggal kelahiran mantan sahabatnya dan saingannya sekarang Eugene H. Krabs.

Ketika mereka masih kecil, Plankton dan Krabs dianggap buangan oleh anak-anak lain karena Krabs miskin dan Plankton adalah kutu buku. Ketika mereka menemukan uang yang bisa membawa mereka keluar dari kemiskinan mereka, mereka memutuskan untuk membuat uang dengan menjual roti hamburger, dan mendirikan sebuah restoran mini di tempat pembuangan sampah lokal. Pada awalnya, burger mereka tidak berhasil; yang pertama mencoba roti mereka adalah Pak Tua Jenkins, yang jatuh sakit karena burger tersebut. Plankton mulai mengeluh tentang bagaimana Jenkins memang telah tua dan tidak mampu memakan patty mereka. Tersinggung oleh ini, Krabs mencoba untuk mengambil resep dari Plankton untuk memperbaikinya. Plankton ingin berbisnis sendiri, tapi ia hanya mendapatkan potongan kecil dari resep, yang berbunyi: "Dan sejumput chum". Plankton bergegas keluar dari restoran, dan pergi untuk membuat resep sendiri, hanya menggunakan ingatannya, potongan resep, dan ilmu pengetahuan.

Di sekolah, Plankton mencoba untuk menjual burger chum dalam ember chum dan gagal, sedangkan Krabs berhasil menjual Krabby Pattynya, yang ia ciptakan tanpa sengaja ketika Plankton membanting pintu restoran dan berbagai bahan jatuh ke adonan patty. Plankton kemudian menamai restorannya Chum Bucket, sesuai bahan dari resep pattynya sementara Tuan Krabs menamai restorannya Krusty Krab. Plankton lalu menghabiskan waktu yang lama mencoba untuk menghancurkan Krusty Krab dan mencuri formula Krabby Patty, waralaba yang dimiliki dan dioperasikan oleh Tuan Krabs. Namun, dia selalu gagal mendapatkannya.

Pada masa sekarang, Plankton sudah menikah dengan istri komputernya, Karen. Dan meskipun mereka sekarang adalah musuh bebuyutan, Krabs dan Plankton kadang-kadang masih bisa bergaul, seperti dalam "New Leaf" dan "Best Frenemies."

Karier

Restoran Plankton, Chum Bucket, adalah restoran yang jarang sekali berhasil, bukan hanya karena persaingan dari Krusty Krab dan perlakuan kasar dan kejam Plankton dari dan kepada orang-orang di Bikini Bottom, tetapi juga karena kualitas makanan yang buruk dan tempat yang kerap kali kotor. Seperti namanya, Chum Bucket menyajikan makanan berbasis chum, yang rasanya mengerikan. Dalam "Plankton's Regular", Plankton berhasil mendapatkan satu pelanggan tetap tapi rupanya dia dibayar oleh Karen untuk makan di Chum Bucket dan dia akhirnya berhenti karena tidak kuat harus terus pergi ke rumah sakit. Dalam episode "Greasy Buffoons." Plankton menggunakan lemak sisa dari perangkap lemak Krusty Krab yang dibuang oleh Tuan Krabs di dekat Chum Bucket dan ini membuat penjualannya meroket (meskipun tidak diketahui apakah ini membuat chumnya lebih enak atau pelanggan hanya makan lemaknya).

Perlu dicatat bahwa dalam kehidupan nyata, chum terbuat dari bagian ikan yang tidak bisa dimakan manusia, seperti kepala dan isi perut, dan digunakan sebagai umpan untuk hiu dan makhluk serupa. Ini berarti bahwa Plankton membunuh ikan (atau setidaknya mengumpulkan ikan mati) dan melayani sisa-sisa mereka untuk ikan lainnya. Ini hanya pernah disinggung dalam "The Krabby Kronicle", di mana SpongeBob membuat cerita yang mengklaim ini. Namun, SpongeBob sedang dipaksa oleh Tuan Krabs untuk membuat cerita bohong untuk menarik pelanggan, sehingga cerita ini seharusnya palsu. Mungkin juga, bahwa dalam dunia acara ini, chum bisa saja terbuat dari sesuatu yang sama sekali berbeda (meskipun tetap menjijikkan), seperti dalam episode "Spongicus", Plankton menamakan banyak bahan-bahan aneh yang dia gunakan untuk membuat chum dan di dalamnya tidak disebutkan ikan.

Plankton tidak memiliki karyawan tetap, dan menjalankan Chum Bucket sepenuhnya sendiri atau bersama istrinya, Karen. Namun, dia menghabiskan sebagian besar waktunya di laboratorium, karena tidak memiliki pelanggan. Plankton hanya menjalankan restoran yang hanya ketika ia memiliki pelanggan potensial. Selain itu, ketika ia tidak memiliki pelanggan, dia juga menggunakan mesin cerdas buatan untuk menutupi posisi lain. Meskipun sering dikatakan bahwa Plankton tidak pernah punya pelanggan, ada beberapa saat yang singkat di mana Plankton memiliki banyak pelanggan, misalnya dalam episode "Spongicus" dan "Chum Caverns".

Keluarga

Karen Plankton

Istri Plankton Karen.

"Istri" Plankton adalah sistem komputer Karen, meskipun mereka tidak sepenuhnya merasa bahwa mereka adalah jodoh sejati dan hubungan mereka sangat sering mengalami masalah, meskipun itu kadang diperbaiki dalam beberapa episode, misalnya "Komputer Overload". Sebagai organisme mikroskopis, banyak anggota keluarga Plankton adalah ribuan. Dalam "Plankton's Army," ia merekrut seluruh keluarganya untuk membantunya mencuri formula, berpikir mereka semua adalah dalang kriminal seperti dirinya. Namun, rupanya keluarganya seluruhnya terdiri dari hillbillies tidak berpendidikan. Kerabat ini termasuk (namun tidak terbatas pada): Clem, Zeke, Rufus, Jeke, Billy Bob, Billy Jim, Billy Billy Billy Bo Banana Fana Fo Filly Plankton, Doug Plankton, Enis, dan Rainchild.

Plankton memiliki dua nenek moyang yang dikenal. Salah satunya adalah penyihir jahat Planktonamor, yang hidup pada abad pertengahan dan muncul dalam "Dunces dan Dragons". Lainnya adalah Dead Eye Plankton, seorang warga negara kaya yang mencoba pengambilalihan bermusuhan dari Bikini Gulch namun dikalahkan oleh Sheriff SpongeBuck SquarePants. Dead Eye Plankton hidup pada era Wild-Barat dan muncul dalam "Pest Barat".

Catatan pidana

Plankton memiliki sejumlah catatan kriminal selain mencuri formula.

Penemuan

Plankton telah terbukti sangat cerdas dan telah menciptakan banyak hal sepanjang seri:

  • Hypno-Pod: Menghipnotis ubur-ubur menjadi budak seperti yang terlihat dalam game online Plankton's Pernicious Plot.
  • Mesin Waktu: Terlihat di SuperSponge.
  • Mind Control Bucket Helm: Mengendalikan pikiran ikan dan mengubah mereka menjadi budak Plankton. Dilihat dalam "The SpongeBob SquarePants Film."
  • High-Powered Mechanical Bio Arm: Membuka apa saja - tapi tidak berfungsi dengan baik dalam "Best Frenemies."
  • Enlargetron: Membuat sesuatu yang lebih besar, terlihat di Creature from the Krusty Krab.
  • Robo-Krabs: Versi robot dari Tuan Krabs, bisa dilihat di Imitation Krabs, Operation Krabby Patty, New Leaf, dan Spy Buddies.
  • Pengganti-hidup-hanya-untuk-tahu-apa-ini-seperti-o-mikrofir. Dilihat dalam "The Algae Always Greener".
  • Penemuan komputer baru, terlihat dalam "Komputer Overload".
  • Dispiktulator: Pistol beku Plankton yang digunakan dalam Creature from the Krusty Krab.
  • Brain-Powered Robot-Sponge: Sebuah robot yang menyerupai SpongeBob dan mampu bekerja menggunakan otak.
  • KAREN: Robot Komputer/Istri yang dapat menganalisa apa-apa. Dia mobile. Dia juga dapat membuat makanan holografik.
  • Pat-Bot: Dibangun dengan bola dayung, tongkat pogo, silet, dan cakar logam.
  • Duplicatotron 3000: Sebuah mesin yang menciptakan jumlah yang tampaknya tak berujung tentara robot. Terlihat pada SpongeBob SquarePants: Battle for Bikini Bottom.
  • Karen 2: Mampu hacking ke dalam sistem Chum Bucket. Juga istri barunya tapi dihancurkan oleh istri baru/lamanya K.A.R.E.N.
  • Parasit Otak: Mampu mendapatkan info dari sasaran/musuh.
  • Robot Kematian: Sebuah robot yang memiliki kekuatan super dan yang dibangun di palu. Ia dihancurkan oleh Tuan Krabs setelah berusaha menghancurkan kasirnya.
  • Guru Mendesis Megah: Sebuah spatula yang bisa terbang dan berbicara. Plankton menggunakan ini dalam upaya untuk mendapatkan formula rahasia dari SpongeBob dengan mendapatkan kepercayaannya.
  • Penggali-Kerang: Sebuah perangkat multi-bentuk yang digunakan untuk melepaskan dan mengendalikan goo gelembung super "It Came from Goo Lagoon".
  • Banyak lagi di seluruh seri.

Permainan video

Plankton muncul di hampir semua permainan video SpongeBob, biasanya sebagai antagonis utama.

  • Di dalam SpongeBob SquarePants: Battle for Bikini Bottom, Plankton membuat rencana untuk mengambil alih Bikini Bottom dan memperoleh Krabby Patty rumus dengan menciptakan sebuah mesin robot yang disebut Duplicatotron 3000. Namun, robot-robotnya tidak menaatinya dan mulai mengamuk tanpa berpikir di Bikini Bottom karena dia lupa untuk mengatur robotnya dari "Don't Obey" menjadi "Obey". Plankton meyakinkan SpongeBob dan teman-teman untuk mengalahkan robot (kebetulan SpongeBob percaya bahwa situasi ini adalah kesalahannya) sehingga ia dapat memiliki cukup waktu untuk memperbaiki Duplicatotron 3000 yang utama sehingga ia dapat mengambil alih kota dengan mengendalikan tentara robot.
  • Di dalam The SpongeBob SquarePants Movie Game, Plankton adalah antagonis utama, mengulangi perannya dari film. Meskipun ia adalah antagonis utama, dia bukan bos.
  • Di dalam SpongeBob SquarePants: Lights, Camera, Pants!, Plankton muncul sebagai karakter yang dapat dimainkan. Dalam permainan, ia menggunakan setelan robot untuk bertindak dalam audisi (bagian-bagian yang dimainkan). Selain itu, peran "Tawanan", serta audisi untuk itu, berlangsung di Chum Bucket.
  • Di dalam Nicktoons Unite!, Plankton adalah salah satu dari empat penjahat utama dari permainan. Dia menggunakan kepiting mech untuk melawan para pahlawan.
  • Di dalam SpongeBob SquarePants: Creature from the Krusty Krab, Plankton adalah salah satu dari tiga karakter yang bisa dimainkan, serta bos akhir permainan. Dia memperbesar sebuah Krabby Patty menjadi raksasa, tapi Krabby Patty itu menjadi hidup dan mulai mengejarnya. Akhirnya, Plankton memperbesar dirinya menjadi ukuran raksasa, dan mulai mengamuk di seluruh kota untuk mengejar patty raksasa. Dia akhirnya dikalahkan dan kembali ke ukuran aslinya oleh Patrick, yang bermain sebagai alter-egonya Starfishman.
  • Di dalam SpongeBob SquarePants: SuperSponge, Plankton memiliki kameo singkat, di mana ia berteriak pada SpongeBob untuk mencuri mesin waktu ("Terkutuk kau, SpongeBrat! Anda telah menemukan mesin waktu rahasia saya! Nah, apa pun yang Anda lakukan, pastikan Anda mengisinya sebelum Anda membawanya kembali!").
  • Di dalam SpongeBob SquarePants featuring Nicktoons: Globs of Doom, Plankton dan empat penjahat lainnya bekerjasama dengan para pahlawan untuk mengalahkan Globulous.
  • Di dalam Nicktoons Racing, Plankton muncul sebagai karakter tidak terkunci.
  • Di dalam The Yellow Avenger, pemain melakukan tugas-tugas membantu Plankton, yang merupakan karakter minor.
  • Di dalam SpongeBob's Boating Bash, Plankton adalah karakter yang dapat dimainkan dari awal permainan.
  • Di dalam Plankton's Robotic Revenge, dia adalah antagonis utama.

Rencana

Lihat: Daftar rencana Plankton

Trivia

  • Ada sebuah lelucon di banyak episode di mana ia muncul dalam (termasuk film) ia terinjak.
  • Plankton adalah kidal.
  • Plankton dan Mr Krabs lahir pada tanggal yang sama persis seperti terungkap dalam Friend or Foe.
  • Plankton muncul dalam logo "United Plankton Pictures".
  • Menariknya, meskipun namanya adalah "Plankton," ia lebih mirip dengan kelas organisme, Copepoda (Cyclops).
  • Tampaknya aneh bahwa Plankton ingin mencuri Formula rahasia Krabby Patty dan membuat uang dari itu, dan bahkan berhasil melakukannya dalam The SpongeBob SquarePants Movie, padahal melakukan itu seharusnya menyebabkan dia menghadapi gugatan plagiat dan/atau pelanggaran hak cipta. Mungkin Tuan Krabs, karena dia terlalu pelit untuk mengurus hak cipta formula, dan dengan demikian, Plankton bisa mencurinya tanpa ada risiko digugat.
  • Ia disebut "Shelly" di "SpongeBob's Last Stand".
  • Plankton pernah kuliah di perguruan tinggi, yang telah menjadi lelucon di seluruh seri, karena ia biasanya akan berteriak, "Aku sudah kuliah!"
  • Plankton takut paus di "One Coarse Meal", tapi tidak ada di dalam "The Algae's Always Greener" dan "Jailbreak!".
  • Nama depannya terungkap dalam "Plankton's Army".
  • Menurut film TV "Truth or Square", Plankton telah membuat 1.003 usaha yang gagal untuk mencuri formula.
  • Dengan tinggi 2 inci, Plankton sebenarnya tergolong raksasa untuk jenisnya. Mereka, tentu saja, melakukan itu agar penonton bisa melihat dia di layar.
  • Plankton sebenarnya harus setengah ukuran SpongeBob, seperti SpongeBob adalah 4 inci tinggi.
  • Plankton adalah karakter yang terkecil dari semua karakter utama dan orang terkecil di Bikini Bottom.
  • Dalam "Plankton!", ia tampak sangat kecil, lebih kecil dari penampilan-penampilan berikutnya.
  • Seperti yang terlihat di "Evil Spatula", Plankton rupanya memiliki ruangan yang penuh dengan spatula di Chum Bucket.

Referensi

  1. ^ Friend or Foe
Karakter (LBS)

Utama
SpongeBobPatrickSquidwardTuan KrabsPlanktonKarenSandyNyonya PuffPearlGary

Berulang
Patchy si Bajak LautPotty si Burung BeoNarator PrancisMermaid ManBarnacle BoyFlying DutchmanRaja NeptunusJohnny ElainePerch PerkinsLarry LobsterSquilliam FancysonPainty si Bajak Laut

Latar Belakang Utama
Bubble BassFredHaroldNat PetersonPak Tua JenkinsSandalsTomSadie Rechid

Daftar

UtamaLatar belakangKeluargaSpesialLain-lain

zh-:皮老闆