"Clams" adalah episode SpongeBob SquarePants dari musim tiga. Dalam episode ini, seekor kerang memakan dolar Tuan Krabs yang kesejuta.

Karakter

Plot

Di Krusty Krab, Sandals sedang bingung mau memesan apa. Setelah Squidward mendorongnya untuk segera memesan, Sandals akhirnya memilih memesan kepingan koral lalu memberikan uangnya sebagai bayaran. Tiba-tiba alarm berbunyi dan Tuan Krabs keluar dari kantornya sambil menari dengan uang tersebut. Tuan Krabs menjelaskan bahwa uang itu adalah dolarnya yang kesejuta. Sebagai hadiah, Sandals tidak mendapat apa-apa, malah Tuan Krabs mengusirnya bersama semua pelanggan agar bisa menikmati keberhasilannya. Tuan Krabs lalu mengumumkan kepada SpongeBob dan Squidward bahwa mereka bertiga akan berlibur. Squidward mencoba menebak tempat liburan mereka, mulai dari Fancy Springs, Pulau Pamper, sampai Desa Penduduk Bikini Bottom. Tuan Krabs mengatakan bahwa tempat liburan mereka lebih baik dari itu.

Rupanya liburan mereka adalah memancing kerang di laguna yang bau dari atas sebuah kapal yang jelek. Squidward enggan ikut memancing dan memilih membaca buku. Sementara itu, SpongeBob mulai memancing kerang, tapi yang dia lakukan malah mengaitkan barang-barang di kapal, termasuk buku, tempat tidur, baju, dan hidung Squidward, lalu melemparkannya ke laguna. SpongeBob terus melakukan itu sampai yang terakhir, dia melempar dolar kesejuta Tuan Krabs. SpongeBob harus segera bergegas menariknya kembali, karena sebuah orkestra live-action di kapal sudah mulai memainkan musik tegang. SpongeBob berhasil mengembalikan dolarnya ke tangan Tuan Krabs, tapi musik tegangnya mulai lagi dan tiba-tiba seekor kerang raksasa melompat dan memakan dolar Tuan Krabs.

Tuan Krabs menangis tak karuan akibat kejadian ini. Squidward mencoba membuat Tuan Krabs melupakan dolar itu agar dia berhenti menangis, tapi Tuan Krabs tetap menangis jadi Squidward mengatakan bahwa dirinya dan SpongeBob akan membantu Tuan Krabs mendapatkan dolar itu kembali. Tuan Krabs langsung berhenti menangis dan menugaskan SpongeBob dan Squidward untuk memegang pancingan sementara dirinya akan mengawasi kerang itu dari atas kapal. Tidak akan ada yang boleh pulang sampai dolar kesejuta Tuan Krabs ditemukan. Setelah waktu yang cukup lama, tidak ada tanda-tanda kerang dan Squidward sudah muak. Squidward memutuskan untuk memberikan Tuan Krabs dolar lain dan mengatakan bahwa itu dolar kesejutanya. Tuan Krabs awalnya gembira bisa bertemu dengan dolarnya, sedangkan SpongeBob dan Squidward gembira akhirnya mereka bisa pulang. Tapi Tuan Krabs menyadari bahwa dolar yang Squidward berikan adalah dolar biasa yang dibasahi dan dicium lipstick biru.

Tuan Krabs mulai menangis lagi karena merasa dikhianati, tapi Squidward sudah tidak mau dimanipulasi oleh air mata. Tuan Krabs berhenti menangis dan memutuskan untuk memaksa mereka dengan cara lain: membuang semua persediaan makanan di kapal sehingga tidak ada yang bisa makan sampai Tuan Krabs mendapatkan dolarnya yang kesejuta. Squidward meminta waktu bicara berdua saja dengan SpongeBob. Squidward membuat SpongeBob sadar bahwa Tuan Krabs sudah gila, bahkan dia sekarang berdansa dengan matanya seakan-akan itu adalah dolar kesejutanya. Squidward dan SpongeBob lalu mencoba menyelinap (sambil berteriak) ke sekoci agar bisa kabur. Tapi Tuan Krabs menangkap mereka dan memutuskan hanya ada satu cara untuk menggunakan mereka.

Tuan Krabs mengikat SpongeBob dan Squidward di ujung tali pancingan sebagai umpan. Squidward meragukan kerang itu akan datang, tapi Tuan Krabs sudah punya ide. Tuan Krabs kembali memainkan musik tegang lewat orkestra live-action dan seperti yang dia duga, kerang itu muncul dan berenang ke arah SpongeBob dan Squidward. Tepat sebelum kerang tersebut mau memakan SpongeBob dan Squidward, Tuan Krabs menghentikan musiknya dan melompat ke lidah si kerang untuk mengambil dolarnya. Baru saja mengambil dolarnya, musik tegangnya mulai lagi dan kerang tersebut masuk ke air bersama Tuan Krabs di mulutnya. SpongeBob menangisi kepergian Tuan Krabs sementara Squidward menangis karena dirinya dibiarkan terikat bersama SpongeBob. Untungnya, Tuan Krabs muncul dengan dolar kesejutanya dan mengatakan bahwa dia berhasil melakukan pertukaran dengan si kerang. Ketika SpongeBob bertanya apa yang Tuan Krabs berikan, dia menjawab bahwa itu bukan sesuatu yang penting, padahal sebenarnya dia memberikan seluruh tubuh kecuali kepala dan tangannya.

Produksi

Adegan yang dihapus

Di versi papan cerita yang ada di DVD SpongeGuard on Duty, setelah Tuan Krabs mendapatkan dolarnya yang ke-1.000.000 di Krusty Krab, dia menggunakan telepon restoran untuk memanggil orang tuanya Victor Krabs dan Betsy Krabs di pemakaman untuk menceritakannya.

Papan cerita

Musik

 ) Musik Produksi Asosiasi
 ) Musik original
 ) Musik SpongeBob

  Dangerous E - Mladen Franko [Kartu judul.]
  Hello Sailor (b) - Richard Myhill [Adegan pembuka.]
  Superquick A - Daniel Jean Jeannin [Dolar yang kesejuta.]
  What Shall We Do with the Drunken Sailor - Okko Bekker [Krabs membawa SpongeBob dan Squidward pergi liburan.]
  The Girl I Left Behind Me - Brian Peters [Memancing kerang.]
  The Rake Hornpipe - Robert Alexander White ["Baiklah, aku muak."]
  Dangerous A - Mladen Franko [Orkestra memainkan musik tegang.]
  Dangerous C - Mladen Franko [Kerang raksasa memakan dolar Tuan Krabs.]
  Hawaiian Cocktail - Richard Myhill [Krabs menangis.]
  Up She Rises - Sam Spence ["Di sini memancing kita akan lebih serius."]
  Steel Licks 4 - Jeremy Wakefield [Tiga hari kemudian.]
  Tomfoolery - David Snell [SpongeBob dan Squidward memberikan Krabs dolar biasa.]
  Superquick A - Daniel Jean Jeannin [Krabs menari]
  Fates [#62] - Gregor F. Narholz ["Aku mempercayai kalian, dan kalian memberikan aku ini!"]
  Vibe Q Sting - Nicolas Carr [Sandwich.]
  Unease - Dick Stephen Walter [Krabs membuang semua makanan mereka.]
  In Loving Memory (b) - Len Rawle [Krabs menangis.]
  Danger Zone - Mike Sunderland [Krabs bermain lompat tali menggunakan matanya.]
  Killer Birds [#36] - Gregor F. Narholz ["Aku tahu apa yang kalian pikirkan."]
  Dramatic Encounter - Gregor F. Narholz ["Tinggalkan umpan!"]
  Dangerous A - Mladen Franko [Musik tegang mulai dimainkan lagi.]
  Drunken Sailor (b) - Robin Jeffrey, Tim Laycock [Krabs mendapatkan dolarnya kembali.]
  Dangerous B - Mladen Franko [Krabs dimakan oleh kerang.]
  Steel Licks 1 - Jeremy Wakefield [SpongeBob dan Squidward menangis.]
  Harp Ding - Nicolas Carr ["Apa kalian sudah menemukan dolarku yang kesejuta?"]
  The Girl I Left Behind Me - Brian Peters [Adegan penutup.]

Rilis

Penerimaan

Trivia

Referensi budaya

  • Episode ini banyak memparodikan film Jaws.
    • Judul episode ini mirip dengan judul film tersebut.
    • Kartu judul episode ini adalah parodi poster film tersebut.
    • Cerita tiga karakter mencari hewan di perairan juga merujuk kepada cerita film tersebut
    • Musik yang dimainkan setiap momen tegang dalam episode mirip dengan musik film tersebut.
    • Awalnya episode ini diberi nama "SpongeJaws".[2][3][4]

Referensi

Templat:Awards